Minggu, 22 November 2015

Relawan Wanita Bergelut Dengan Api

Si jago merah melahap lahan gambut di Desa Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Tim TNI dan relawan dikerahkan untuk memadamkan api. Namun yang menjadi sorotan adalah Intan Syafrini Fazrianti, gadis berusia 19 tahun berasal dari Bogor, satu-satunya relawan wanita yang nekat datang ke Kalimantan.


"Orangtua tidak saya beritahu, yakin tak akan diizinkan karena saya memang punya gangguan pernapasan," ujar Intan saat dihubungi Liputan6,com, Minggu (8/11/2015) malam.

Hasratnya yang ingin menjadi relawan bermula dari maraknya pemberitaan kebakaran hutan dan kabut asap di Sumatera dan Kalimantan. Ia mencari informasi melalui internet tentang keberangkatan para relawan. Tidak sengaja temannya ada yang sudah berangkat, dari situlah Intan mengenal Sekolah Relawan.


Setelah tiba di tempat tugas, yaitu Desa Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, dia baru mendapati kondisi yang tak mudah. Bahkan, meski sudah dipadamkan tak ada jaminan api tak bakal lagi muncul.

"Saya sempat melihat api yang menyala di kawasan yang apinya sudah dipadamkan, karena api itu tetap menyala di bawah lahan gambut yang sudah disiram," cerita Intan.

Selama bertugas, Intan melupakan rutinitas keseharian yang biasa dilakukan dengan gadget karena fokus dengan kondisi sekitarnya. Ia lebih seru bertukar pengalaman dengan para relawan lainnya.

 

Hal ini lah yang sepatutnya dicontoh, walaupun masih muda, rasa kepedulian terhadap alam sangat besar, terutama di Negeri sendiri, Indonesia.





Daftar pustaka: http://news.liputan6.com/read/2360580/intan-syafrini-relawan-cantik-pemadam-kebakaran-hutan?utm_source=BBM&utm_medium=Post&utm_campaign=BBMnews#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar