Senin, 02 November 2015

MALU! Wisatawan Asing Punguti Sampah Indonesia

Banyaknya sampah yang ada di tempat-tempat wisata di Indonesia membuat wisatawan asing menjadi prihatin atas keadaan Indonesia sekarang. Ini membuat sejumlah wisatawan asing tergerak hatinya untuk membersikan sampah-sampah yang ada. Contohnya di Pantai Berawa Denpasar.

Dikutip dari tribunnews.com, Lusi, wisatawan asing asal Italia ini tampak berkeringat. Sesekali wanita berrambut pendek ini mengusap dahinya, 
ketika sibuk mengambil sampah yang berserakan di Pantai Berawa, Kuta Utara, Minggu (11/1/2014).


Lusi begitu antusias, terlihat membawa "peralatan perang", di pinggangnya tampak menempel plastik polybag warna hitam, sementara tangannya memegang sapu untuk mengumpulkan sampah. Setelah sampah terkumpul, ia memasukan ke polybagnya.


"Ya kebetulan rencananya pagi ini jalan-jalan saja ke pantai ini. Tetapi sesampainya di sini saya diberitahu teman guide ada kegiatan bersih-bersih pantai. Saya ikut saja," ujarnya sambil mengais sampah  rerumputan dan plastik.

Selain wisatawan asing di Pantai Berawa Denpasar, sejumlah wisatawan asing yang sedang mengunjungi Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok ini juga melakukan aksi bersih-bersih. Mereka membawa sejumlah karung saat mendaki untuk membawakan sampah yang mereka temukan di setiap perjalanan untuk dibawa turun kembali.

Aksi-aksi yang di lakukan oleh para wisatawan asing ini harusnya dijadikan teladan dan pelajaran oleh para wisatawan Indonesia. Harusnya kita sebagai wisatawan lokal merasa malu, betapa wisatawan asing lebih mencintai dan menjaga Indonesia dibanding wisatawan lokal itu sendiri.


Daftar Pustaka: http://www.tribunnews.com/regional/2015/01/12/pantai-penuh-sampah-turis-asing-bersih-bersih-sampah-di-pantai-berawa-denpasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar