Minggu, 01 November 2015

Popular di Media Sosial, Objek Wisata Jadi Kotor

Indahnya Indonesia memang sangat menarik dan keindahannya takkan pernah terkalahkan. Begitu banyak tempat wisata di Indonesia membuatnya terlihat kaya akan alamnya. Masyarakat Indonesia begitu bangga dan menikmati keindahan Indonesia sehingga mengunggah foto-fotonya ke sosial media, tetapi selalu lupa dan tidak mengerti bagaimana menjaganya agar tetap Indah. Sampah dan coretan di setiap tempat wisata di Indonesia masih menjadi sebuah masalah yang besar dan sulit di selesaikan. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran dari para wisatawan lokal itu sendiri.

 "Banyak destinasi yang populer karena media sosial. Kemudian jadi ramai dan kotor karena sampah wisatawan. Saya banyak terima komplain dari teman-teman dari luar negeri. Bilang Indonesia bagus tapi sampah," kata Alexander Thian, seorang penulis dan travel-blogger, kepada KompasTravel.
Ia mengungkapkan setiap destinasi yang populer dikunjungi wisatawan pasti terdapat banyak sampah. Ia memberikan contoh obyek wisata di gunung-gunung yang biasa didaki.

"Misalnya naik gunung. Ada pendaki yang cuma foto, ngibarin bendera, tulis nama di kertas. Kertas-kertasnya ditinggal di gunung. Padahal kan gampang dibawa turun," jelasnya.

Ia berharap walaupun tempat wisata ramai dikunjungi karena media sosial, wisatawan dapat menjaga tempat wisata. Thian mengatakan jangan sampai obyek-obyek wisata di Indonesia rusak.


Daftar Pustaka: http://travel.kompas.com/read/2015/08/28/135100427/Ironis.Populer.lewat.Media.Sosial.Obyek.Wisata.Penuh.Sampah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar