Sabtu, 31 Oktober 2015

Introduce #LESTARINDONESIA


Dilihat bahwa wisatawan lokal banyak yang kurang menjaga lingkungan/alam di Indonesia. Alam yang indah menjadi kurang enak dipandang karena banyaknya sampah yang bertebaran. Ini yang membuat keindahan Indonesia menjadi kurang dipandang oleh wisatawan asing.

Seperti yang dikutip dari laman National Geographic, menurut Alexander Thian yang merupakan travelblogger, sampah masih menjadi masalah utama di tempat-tempat wisata di Indonesia setelah terkenal melalui media sosial. Pada awalnya, destinasi wisata baru yang dikembangkan oleh beberapa Kabupaten di Indonesia perlahan menjadi populer dan terkenal karena media sosial. Kemudian perlahan ribuan orang datang tiap minggunya. Membuatnya ramai dalam seketika. Karena kesadaran dan mental bangsa ini yang masih belum bisa disiplin dalam membuang sampah dan menjaga kebersihan, akhirnya dalam waktu singkat, objek wisata itu berubah menjadi “tempat sampah”. Nama baik Indonesia pun kembali tercoreng karena akhirnya banyak komplain dari para pelancong dari luar negeri. Bahkan para wisatawan luar negeri itu banyak yang berujar, ”destinasi wisata di Indonesia itu bagus, tapi sampah.” Sungguh negeri yang ironis.
Gerakan ini mau mengajak wisatawan Indonesia agar tidak hanya menikmati indahnya Indonesia, tetapi bagaimana juga memeliharanya agar tetap terlihat indah dan menarik. Gerakan ini juga menyadarkan wisatawan Indonesia agar malu atas apa yang telah dilakukan wisatawan asing kepada tempat-tempat wisata di Indonesia. Mereka mau untuk menjaga kelestarian dan membersihkan sampah yang ada, tetapi wisatawan Indonesia sendiri hanya bisa menikmati tanpa menjaga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar